-->

Type something and hit enter

By On

Jenis - jenis Helm yang biasa dipakai Driver Gojek

Halo semua warganet, siapa nih yang udah lama ga naik gojek ? terakhir naik gojek, masih inget ga driver nya pakai helm merk apa ?

Jenis - jenis Helm yang biasa dipakai Driver Gojek

Ya. Kali ini mimin mau bahas tentang Jenis - jenis Helm yang biasa dipakai Driver Gojek. Kenapa sih mimin mau bahas tentang Helm ? Karena helm ini adalah suatu barang yang sangat vital kalau tidak digunakan. Bisa kena tilang kalo ada pak polisi, bahkan kalau terjadi kecelakaan bisa mengakibatkan gegar otak yang mengakibatkan amnesia. Ngeri ya. 

Makanya selalu gunakan helm ketika kamu mau hendak berpergian, walaupun jarak yang ditempuh itu dekat, selalu gunakan helm. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.
Baca Juga : Tipe - Tipe Driver Gojek

Sejarah Helm.

Sebelum lebih jauh membahas Jenis - jenis Helm yang biasa dipakai Driver Gojek, alangkah baiknya kita tau dulu kapan sejarah awal mula manusia menciptakan helm.
Helm merupakan sebuah kata yang berasal dari Negara Belanda. Arti kata helm tersebut adalah sebuah benda yang yang digunakan untuk melindungi bagian tubuh bagian kepala. Jelas lah ya di Kepala, masa di dengkul hehehe. Lanjut, bahan dasar pembuatan helm itu sendiri biasa menggunakan bahan yang keras dan kuat. Gunanya yaitu untuk melindungi kepala kalian dari benturan yang bisa terjadi dikala kamu terjatuh, atau terkena suatu benda yang keras.  

Bahan baku helm itu sendiri biasa terbuat dari Serat Fiber ( resin ), ada juga yang memakai bahan baku Thermal Plastik, bahkan ada juga helm yang berbahan kevlar. Kalo udah ngomongin Kevlar jelas harga yang ditawarkan helm itu pasti sangatlah mahal, tapi untuk harga yang ditawarkan pasti sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh si pembuat helm tersebut. Mungkin sedikit informasi itu saja yang bisa sampaikan tentang sejarah helm.
Sekarang kita lanjut ke bagian pertama

Jenis - jenis Helm yang biasa dipakai Driver Gojek, Ditulisan / artikel ini merupakan pendapat saya pribadi ya, jika kalian punya pendapat dan masukan tersendiri, kalian bisa komentar di kolom komentar yang ada di bawah artikel / Tulisan ini.


1. Helm Gojek

Jenis helm yang biasa dipakai oleh driver gojek yang masuk no 1 adalah helm Gojek itu sendiri, sebenernya Helm Gojek Official atau Resmi yang dikeluarkan dari Kantor Gojek itu ada banyak sekali model dan Merknya, mulai dari merk Cargloss. Caberg, RSV dan lain - lain. Helm ini dibuat oleh produsen lokal yang berada di indonesia, pernah juga helm ini dibuat di bandung. Helm Gojek ini sudah dilengkapi dengan Standar Nasional Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan istilah Helm SNI. Jadi sebenernya helm ini sudah masuk dalam kategori yang aman, tapi dalam sudut pandang saya pribadi, jika saya disuruh memakai untuk harian, saya tidak nyaman menggunakan helm Gojek ini, karena menurut saya tidak nyaman dipakai, busa lapisan dalam nya keras, dan biasa terlalu longgar, karena kantor biasa mengeluarkan helm ini dengan ukuran L keatas, sedangkan saya sendiri jika menggunakan Helm yang pas itu dengan ukuran Medium / M.

Balik lagi soal kenapa si driver banyak yang memakai Helm Gojek untuk dipakai Sehari - hari, jawabannya pun bermacam macam, berikut saya rangkum beberapa alasan driver memilih memakai 
Helm Gojek :
  • - sebuah Atribut sebagai identitas seorang deiver Gojek,
  • - pakai aja yang ada, ( ga punya helm lain )
  • - tidak terlalu mementingkan apa itu Standarisasi tingkat kekuatan helm yang digunakan.


2. Helm TRX Honda / Honda TRX-3

Helm ini adalah helm Gratisan yang kamu dapat jika membeli Motor Honda tipe Bebek / Matic / Skuter. Helm dengan ciri Khas Warna hitam mengkilat dan ada logo Honda di bagian depan nya ini, Termasuk merupakan helm Favorit yang biasa dipakai oleh seorang driver Gojek.

Mengapa banyak driver yang memakai helm ini ? Karena seperti yang kita ketahui, dulu ada mitos yang sudah melekat di banyak orang mengenai motor honda yang terkenal dengan Irit Bensin, mungkin hal itu menjadi alasan yang penting buat si driver banyak yang memilih motor honda untuk dipakai bekerja sebagai driver gojek, karena memang bensin adalah termasuk sebuah biaya pengeluaran yang ditanggung oleh si driver. Untuk itu. Secara tidak langsung driver pun harus bijak & pintar untuk memilih kendaraan yang hemat bahan bakar / bensin, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk isi ulang bahan bakar kendaraan nya tidak membengkak.

3. Helm KYT DJ MARU

Merk Helm buatan Lokal yang sudah berhasil masuk arena balap motoGP ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, kalau kualitas helm ini belum standart international, tidak mungkin si pembalap MotoGP mau menggunakan nya. 

untuk Tipe Helm KYT DJ Maru ini merupakan helm dengan model Half Face,  dan mempunyai design yang Sporty. Jadi helm ini biasa digunakan oleh driver gojek yang umurnya masih muda, yang umur nya tua juga banyak kok yang pakai, helm yang dibanderol dengan harga 250rb-an ini sangat laris dipasaran, ada banyak pilihan warna polos dan corak desain yang menarik, sehingga helm ink terbukti bisa meningkatkan kadar ketampanan bagi yang menggunakannya.

4. Helm BMC Full Face

Helm ini masuk dalam kategori Full Face , sebuah jenis helm yang melindungi semua bagian kepala ketika digunakan. Helm ini banyak digunakan oleh driver Gojek yang sebelumnya berprofesi sebagai Tukang Ojek Pangkalan / opang. ( Maaf jika ada yang tersinggung, tidak ada maksud ), saya justru sebenernya salut jika ada driver gojek yang memakai helm Full Face, karena driver tersebut itu sadar akan keselamatannya. Untuk kekurangan nya jika memakai helm Merk BMC Full face, atau tipe helm Full Face lainnya adalah sulitnya berkomunikasi dengan customer saat dijalan. Karena kita harus berbicara agak sedikit lebih keras supaya penumpang yang posisinya dibelakang kita bisa mendengar suara kita.

5. Helm GRAB / helm UBER

Jika kalian perhatikan, helm gojek itu mempunyai logo yang berada di sisi kanan dan sisi kiri, serta tulisan & logo Gojek dibagian depan & Belakang. Tetapi itu tidak ada di jenis helm yang dibuat oleh GRAB & UBER.
Sepintas Helm GRAB & Helm UBER memang lebih simple dibanding helm buatan gojek. Untuk masalah itu saya tidak mau bahas karena mungkin berkaitan dengan masalah Branding & marketing. Yanv saya bahas disini adalah adanya driver yang memakai Helm Grab / Uber tersebut, tetapi si driver sedikit mensiasati dengan cara menutup bagian Logo Grab / Uber dengan Stiker, sehingga tidak keliahatan lagi kalau itu adalah Helm Grab / Uber.

banyak sekali jika kalian melihat dijalan driver gojek yang menggunakan helm tersebut. Dan banyak pula alasan mereka memakainya. Berikut rangkuman alasan kenapa mereka memakainya :
  • - driver tersebut pernah juga menjadi Driver Grab / Driver Uber.
  • - kualitas helm lebih bagus.
  • - driver sambilan antara Driver Gojek & Driver Grab.


Itulah beberapa jenis jenis helm yang biasa dipakai oleh Driver Gojek, tulisan ini murni buatan saya dan hasil observasi saya. Jika kalian mempunyai tanggapan berbeda tentang tipe helm / merk yang lebih sering atau lebih banyak dipakai oleh driver gojek, silahkan kamu komentar di kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah.

Bye bye
salam Satu Aspal

Click to comment