-->

Type something and hit enter

By On
tipe tipe driver gojek

Halo semua pembaca setia abang gojek motovlog, kali ini mimin mau bahas tentang tipe - tipe driver gojek yang ada di sekitar kita.

Tipe - tipe driver gojek ini beraneka ragam loh, mulai dari tipe pemalas sampai si rajin, dan ada juga tipe yang suka keluar malem hari atau biasa disebut driver gojek kalong.

Untuk tipe driver ini mimin rangkum secara penilaian pribadi ya, jadi kalo ada beda pendapat / persepsi, silahkan aja kalian komen dikolom komentar yang ada dibawah. Atau jika ada tambahan tipe driver gojek lainnya kalian juga bisa komentar dibawah.

Mari kita mulai bahas satu persatu tipe - tipe driver gojek yang biasa kita temui.

1. Driver Gojek opang.

driver gojek tipe opang ini biasa cuma ambil orderan go-ride 3-5km ke bawah, dan sehabis dia mengantar penumpang biasanya langsung balik lagi ke pangkalan / rumah tempat dia mendapatkan orderan gojek tersebut.


Contoh driver gojek opang :

Ssebut saja driver gojek opang ini bernama budi, budi biasa mangkal mencari orderan di stasiun kereta, dan dia cuma ambil orderan yang ada di daerah stasiun kereta tersebut dan mengantar penumpang dengan jarak paling jauh 3-5 km dari stasiun, jika si budi telah selesai mengantar penumpang, si budi lalu kembali ke stasiun kereta dan menunggu orderan yang masuk ke aplikasi gojek berikut nya.


2. Driver Gojek Bolang / Driver Abri

Tipe driver gojek yang satu ini biasanya ngantongin duit paling banyak, tapi ngeluarin modal yang banyak juga ( modal makan & modal bensin ) driver bolang / abri ini mengambil semua jenis orderan yang masuk di aplikasi mereka. Ga cuma mengatar orang aja seperti gojek opang, dan juga tipe driver ini diibaratkan kemana orderan membawaku juga di sikat. Driver ini juga di kenal dengan nama abri, bukan abri tentara ya, tapi kepanjangan nya adalah Apa aja BeRi ( semua tipe orderan diambil )

 Contoh driver gojek Bolang / abri

Si budi mulai ngojek pagi hari sekitar jam 9, pertama mulai ngojek dari rumah, ketika setelah menyelesaikan orderan tersebut, dia langsung mencari orderan berikutnya sampai dia merasa hari ini cukup untuk dia.

3. Driver Gojek spesialis go-food

Tipe driver gojek yang satu ini biasa mangkal deket restoran / mall yang ada merchant / restorant go-food nya. tipe driver gojek gofood ini biasa memang hanya mengambil orderan go-food saja, tidak mau mengambil jenis tipe orderan lainnya, walaupun ada orderan masuk dibawah 3km, karena menurut driver go-food ini, kalo dia mengambil orderan selain go-food, akan susah lagi mendapatkan orderan yang mengantarkan jasa pembelian makan tersebut.


4. Driver gojek takut air

Tipe  driver gojek yang satu ini memang agak lucu kalau kita dengar, masak gojek takut air, air yang dimaksud disini adalah air hujan, ketika hujan turun memang sebuah anugrah dari yang maha kuasa karena kita bisa terbebas dari masalah kekeringan, tetapi dilain sisi bagi driver gojek, ketika hujan turun kadang merepotkan apabila membawa penumpang atau membawa barang, karena harus berhenti dahulu untuk memakai jas hujan atau memasang perlindungan untuk barang bawaan yag sedang dibawa oleh driver tersebut.

Jika si driver kebetulan sedang menjalankan orderan membawa penumpang / paket, mau tidak mau dia harus tetap membawa penumpang / paket tersebut sampai ketempat tujuan, dengan memakai jas hujan atau meneduh di suatu tempat yang kering terlebih dahulu, apabika huja sudah mulai reda. Baru si driver melanjutkan perjalanannya ke tujuan nya masing masing.

5. Driver gojek kodok


Tipe driver gojek ini kebalikan dari si driver yang takut ujan, driver kodok ini sangat senang sekali ketika hujan turun, biasanya dia sudah membawa perlengkapan tempur seperti jas hujan, sendal jepit, plastik untuk menjaga barang bawaan tetap kering, bahkan baju ganti. apabila hujan yang turun terlalu deras sehingga membuat baju si driver menjadi basah. 

Apa sih keuntungan buat si driver kodok ini. Hingga di bela belain untuk menjalankan order sampai kehujanan dan basah-basahan ? Jika kondisi hujan turun, driver normal biasanya akan menonaktifkan akun mereka sesaat , hingga hujan reda / berhenti, baru mereka menyalakan kembali akun gojek nya. 
Disaat banyak driver yang menonaktifkan akun mereka, dilain sisi, customer banyak yang melakukan pemesanan order. tetapi tidak diambil oleh driver, disitulah terjadi lonjakan / kenaikan harga untuk driver kodok yang rela hujan-hujanan demi mendapatkan penghasilan lenih.

6. Driver gojek spesialis paket go-send

Driver spesialis paket adalah driver yang ogah / tidak mau bawa penumpang, kenapa ? Mungkin dia punya alasan sendiri, 

contoh alasan yang sering saya dengar dari driver spesialis go-send.
- malas bawa penumpang karena ribet, salah salah bisa dikasih rating jelek.
- kalau bawa paket kita bisa berhenti di tengah perjalanan kapan saja kita mau, tidak perlu sampai tujuan dulu baru istirahat.
- si driver punya pasangan yang over posesif, ( baperan kalo si driver bawa penumpang cewe )
Agak lucu ya kalo kita denger penjelasan yang terakhir, tapi alasan - alasan tersebut memang sering saya dengar ketika saya saling bertegur sapa dijalan.

7. Driver gojek sambilan / nyambi

Driver sambilan. Pasti kata - kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya seorang driver gojek yang bekerja sambilan setelah pulang kerja kantoran. Tidak ada yang salah kalau seseorang menjadi driver gojek sambilan, karena kebutuhan setiap orang berbeda - beda. 
Deiver gojek nyambi ini biasa berprofesi sebagai security, office boy, anak kuliah ( mahasiswa / mahasiswi ). Dll 

8. Driver Gojek Kalong

Kalau kita mendengar kata kalong berarti identik dengan binatang yang hanya keluar di malam hari. Ya sebutan driver kalong yang dimaksud disini adalah driver gojek yang sukanya mencari orderan di malam hari.
Apa sih sebenernya tujuan mereka keluar di malam hari untuk mencari orderan ? Bukannya di jam tersebut orderan gojek sudah mulai sep / tidak seramai jam pagi / siang dan jam pulang kantor. ?
Berikut beberapa alasan banyak driver memilih keluar malam & menjadi driver kalong :
- jalanan tidak macet.
- tidak kepanasan ( gak kena matahari )
- memang ada waktu untuk ngojek nya di jam malam.
- sedikit menjurus ke modus, ( beberapa aja sih ) lanjutan modus kita bahas di point ke-9.

9. Driver Gojek Modus

Bagian ini biasa hanya untuk driver gojek yang bermuka tampan, atau driver ganteng, atau memang yang hobby godain orang. Hahahaha
Ya ga bisa dipungkiri, driver gojek juga banyak yang menjalin hubungan dengan customer sampai ke jenjang pernikahan, kalau sudah jodoh memang gak kemana.  Untuk masalah modus, kita ga usah bahas ya. Kalau sama sama suka dan mau, ya kan tidak ada yang bisa disalahkan. Selama tidak ada tindakan pemaksaan.

10. Driver Gojek Rental Akun

Peringatan !!!. Tipe driver yang satu ini jangan ditiru, ini cuma sebuah informasi yang memang benar adanya seorang driver menyewakan akunnya kepada seseorang, dan orang tersebut biasa kita kenal sebagai joki akun. Mengapa seseorang merentalkan akunnya kepada orang lain ? 
- sudah ada kerjaan, tapi tetep mau jadi driver gojek.
-Lagi butuh duit, tapi males narik ( menjalankan order)
- pwngen jual akun, tetapi takut disalahgunakan.

Biasa driver yang menyewakan / rental akun ini, kenal sama si joki tersebut, jadi kalau ada masalah dengan akun gojeknya, dia bisa minta tanggung jawab, atau setidaknya si joki tidak akan berbuat yang tidak - tidak.

Siapa sih biasa nya yang menjadi joki rental akun ? 
- bekas driver gojek yang terkena suspend ( putus mitra
- orang yang mau jadi driver gojek, tapi ga bisa masuk gojek, karena telat daftar / tidak lulus jadi driver.
- dll.


Mungkin cuma 10 tipe driver gojek yang bisa saya kasih tau ke anda, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya bertemu dengan driver gojek lain. 

Tidak ada maksud untuk menyinggung atau memojokan siapapun di tulisan ini.

Mimin pamit.
Salam satu aspal

Click to comment